Logika Program
Analisa
Program :
Pada praktikum kali
ini saya menggunakan program Delphi yang merupakan latihan
dalam mebuat program menggunakan Delphi Borland . Versi delphi yang saya gunakan untuk program ini adalah 7.0. Pada program
ini saya membuat dua form yaitu berisi data untuk
login dan penginput nilai
sehingga menghasilkan output
nilai dan mendapatkan grade yang telah ditentukan dalam
hasil.
Penjelasan
program :
Sebelum melakukan suatu
coding pada program delphi, saya membuat 2 form Setelah
itu saya beri variabel pada
masing – masing.
·
Unit 1
begin
If (Edit1.Text = 'ilham') And (Edit2.Text = '54413290')
Then
Syntax yang diatas berfungsi untuk menjelaskan bahwa input yang dimasukkan adalah ilham
dan password yang dimasukkan adalah 54413290, syntax
keduanya diinput pada Edit1.Text dan Edit2.Text pada masing – masing
variablenya.
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
Syntax yang diatas berfungsi untuk menyembunyikan Form1 , dan memunculkan Form2 pada saat program
dirun.
application.MessageBox('Selamat Datang Ilham','Warning');
End
Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut ketika menginput
data yang benar dalam
textbox.
Else If (Edit1.Text = '') And
(Edit2.Text = '') Then
Begin
application.MessageBox('Masukkan
Username Dan Password Anda','Warning');
end
Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut, pada saat penginputan
terjadi kesalahan username dan password.
Else If Edit1.Text = ''
Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
end
Syntax yang diatas berfungsi untuk
menampilkan kata dari syntax tersebut jika pada saat penginputan terjadi
kesalahan username.
Else If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
end
Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut jika pada saat
penginputan terjadi kesalahan password.
Else
application.MessageBox('Username
Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;
Syntax yang diatas
berfungsi untuk menampilkan output tersebut jika pada saat input username dan
password yang diimput tidak sesuai pada syntax yang dibuat.
procedure
TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
If application.MessageBox('Apakah Anda
Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes
Then
Syntax yang diatas
berfungsi untuk memunculkan output dari hasil syntax yang diatas jika saat
memilih option quit.
begin
application.MessageBox('Terima Kasih
:)','Selamat Tinggal');
application.Terminate;
end
Syntax yang diatas
berfungsi untuk menampilkan output saat selesai menggunakan pada program dan
menghentikan program yang sedang run.
·
Unit 2
var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
Syntax yang
diatas berfungsi mendeklarasikan kata uts dan uas sebagai
integer dan jumlah sebagai real.
begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah := (uts+uas)/2;
Syntax yang diatas
berfungsi untuk mendeklarasikan kata uts dan uas dirubah string menjadi integer
dalam menginputannya dan jumlah dari nilai uts dan uas dibagi dua sehingga
program ini dapat berjalan.
Edit3.Text :=
FloatTostr (Jumlah);
If
Jumlah >=80 Then
Edit4.Text := 'A';
End
Syntax yang diatas berfungsi
untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih dari sama
dengan 80 maka akan mendapatkan output grade A.
Else If (Jumlah >=
60) And (Jumlah <=79) Then
begin
Edit4.Text
:= 'B';
End
Syntax yang diatas
berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar
sama dengan 60 dan lebih besar sama dengan 79 maka akan mendapatkan hasil
output grade B.
Else If (Jumlah >=
40) And (Jumlah <=59) Then
begin
Edit4.Text
:= 'C';
End
Syntax yang diatas
berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar
sama dengan 40 dan lebih kecil sama dengan 59 maka akan mendapatkan hasil
output grade C.
Else If (Jumlah >=
20) And (Jumlah <= 39) Then
begin
Edit4.Text
:= 'D';
End
Syntax yang diatas
berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar
sama dengan 20 dan lebih kecil sama dengan 39 maka akan mendapatkan hasil
output grade B.
Else
Edit4.Text := 'E'
end;
Syntax yang diatas
berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah nilai yang diinput bernilai kurang
dari 20 maka akan mendapat hasil output grade E.
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;
Syntax
yang diatas berfungsi untuk menghapus hasil data yang diinput pada tempat hasil
output, sehingga syntax tersebut berfungsi sebagai tombol reset atau menghapus
secara keseluruhan data yang diinput dan hasil output program tersebut.
procedure
TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key
in['0'..'9',#8,#13]) Then
Key:= #0;
end;
Syntax yang diatas
berfungsi utuk mendeklerasikan agar program dapat bejalan dengan benar.
procedure
TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;
Syntax yang diatas
berfungsi untuk memberikan batasan jika data nilai yang diinput hanya maksimal
sebesar 3 yang dimasukkan pada syntax edit1.
procedure
TForm2.Label5Click(Sender: TObject);
Syntax yang diatas berfungsi
untuk memberikan batasan pada penginputan data variable nilai 3 yang dimasukkan
pada syntax edit2.
Berikut
ini adalah semua syntax dari program yang saya buat
·
UNIT 1
unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls,
Forms,
Dialogs, StdCtrls;
type
TForm1 = class(TForm)
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Button1: TButton;
Label3: TLabel;
Button2: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
uses Unit2;
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Button1Click(Sender:
TObject);
begin
If (Edit1.Text = 'Ilham') And
(Edit2.Text = '54413290') Then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
application.MessageBox('Selamat Datang
Ilham','Warning');
end
Else If (Edit1.Text = '') And
(Edit2.Text = '') Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Username Dan Password Anda','Warning');
end
Else If Edit1.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Username Anda','Warning');
end
Else If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan
Password Anda','Warning');
end
Else
application.MessageBox('Username Dan
Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;
procedure TForm1.Button2Click(Sender:
TObject);
begin
If application.MessageBox('Apakah Anda
Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then
begin
application.MessageBox('Terima Kasih
:)','Selamat Tinggal');
application.Terminate;
end
end;
end.
·
UNIT
2
unit
Unit2;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls,
Forms,
Dialogs, StdCtrls, ExtCtrls;
type
TForm2 = class(TForm)
Edit1: TEdit;
Edit2: TEdit;
Label1: TLabel;
Label2: TLabel;
Button1: TButton;
Edit3: TEdit;
Label3: TLabel;
Button2: TButton;
Edit4: TEdit;
Label4: TLabel;
Label5: TLabel;
procedure Button1Click(Sender: TObject);
procedure Button2Click(Sender: TObject);
procedure editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
procedure Edit1Change(Sender: TObject);
procedure Edit2Change(Sender: TObject);
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form2: TForm2;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm2.Button1Click(Sender:
TObject);
var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah := (uts+uas)/2;
Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
If Jumlah >=80 Then
begin
Edit4.Text := 'A';
End
Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
begin
Edit4.Text := 'B';
End
Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59) Then
begin
Edit4.Text := 'C';
End
Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
begin
Edit4.Text := 'D';
End
Else
Edit4.Text := 'E'
end;
procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;
procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender:
TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
Key:= #0;
end;
procedure TForm2.Edit1Change(Sender:
TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;
procedure TForm2.Edit2Change(Sender:
TObject);
begin
Edit2.MaxLength := 3;
end;
end.
Output Program 1
Output Programn 2
No comments:
Post a Comment