Sunday, June 22, 2014

LABTI Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)

Logika Program
Analisa Program :
Pada praktikum kali ini saya menggunakan program Delphi yang merupakan latihan dalam mebuat program menggunakan Delphi Borland . Versi delphi yang saya gunakan untuk program ini adalah 7.0. Pada program ini saya membuat dua form yaitu berisi data untuk login dan penginput nilai sehingga menghasilkan output nilai dan mendapatkan grade yang telah ditentukan dalam hasil.

Penjelasan program :

Sebelum melakukan suatu coding pada program delphi, saya membuat 2 form Setelah itu saya beri variabel pada masing – masing.

·         Unit 1

begin
    If (Edit1.Text = 'ilham') And (Edit2.Text = '54413290') Then

Syntax yang diatas berfungsi untuk menjelaskan bahwa input yang dimasukkan adalah ilham dan password yang dimasukkan adalah 54413290, syntax keduanya diinput pada Edit1.Text dan Edit2.Text pada masing – masing variablenya.

begin
    Form1.Hide;
    Form2.Show;

Syntax yang diatas berfungsi untuk menyembunyikan Form1 , dan memunculkan Form2 pada saat program dirun.

application.MessageBox('Selamat Datang Ilham','Warning');
     End
           
Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut ketika menginput data yang benar dalam textbox.

            Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
               Begin
application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning');
    end

Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut, pada saat penginputan terjadi kesalahan username dan password.

            Else If Edit1.Text = '' Then
               begin
               application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
               end 

Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut jika pada saat penginputan terjadi kesalahan username.

            Else If Edit2.Text = '' Then
               begin
               application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
               end  

Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan kata dari syntax tersebut jika pada saat penginputan terjadi kesalahan password.

            Else
application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak  Valid','Warning');
   end;

Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan output tersebut jika pada saat input username dan password yang diimput tidak sesuai pada syntax yang dibuat.

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
    begin
    If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin     Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then

Syntax yang diatas berfungsi untuk memunculkan output dari hasil syntax yang diatas jika saat memilih option quit.

            begin
    application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');
               application.Terminate;
               end

Syntax yang diatas berfungsi untuk menampilkan output saat selesai menggunakan pada program dan menghentikan program yang sedang run.
           
·         Unit 2
                       
 var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
           
Syntax yang diatas berfungsi mendeklarasikan kata uts dan uas sebagai integer dan jumlah sebagai real.

begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah := (uts+uas)/2;

Syntax yang diatas berfungsi untuk mendeklarasikan kata uts dan uas dirubah string menjadi integer dalam menginputannya dan jumlah dari nilai uts dan uas dibagi dua sehingga program ini dapat berjalan.

Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
    If Jumlah >=80 Then
    Edit4.Text := 'A';
    End

Syntax yang diatas berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih dari sama dengan 80 maka akan mendapatkan output grade A.

Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
    begin
    Edit4.Text := 'B';
    End

Syntax yang diatas berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar sama dengan 60 dan lebih besar sama dengan 79 maka akan mendapatkan hasil output grade B.

           
           

Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59)  Then
    begin
    Edit4.Text := 'C';
    End

Syntax yang diatas berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar sama dengan 40 dan lebih kecil sama dengan 59 maka akan mendapatkan hasil output grade C.

Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <= 39)  Then
    begin
    Edit4.Text := 'D';
    End

Syntax yang diatas berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah yang diinput bernilai lebih besar sama dengan 20 dan lebih kecil sama dengan 39 maka akan mendapatkan hasil output grade B.

 Else
    Edit4.Text := 'E'
    end;

Syntax yang diatas berfungsi untuk membuat parameter jika jumlah nilai yang diinput bernilai kurang dari 20 maka akan mendapat hasil output grade E.

begin
    Edit1.Clear;
    Edit2.Clear;
    Edit3.Clear;
    Edit4.Clear;
    Edit1.SetFocus;
    end;

Syntax yang diatas berfungsi untuk menghapus hasil data yang diinput pada tempat hasil output, sehingga syntax tersebut berfungsi sebagai tombol reset atau menghapus secara keseluruhan data yang diinput dan hasil output program tersebut.

procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key:   Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
  Key:= #0;
end;

Syntax yang diatas berfungsi utuk mendeklerasikan agar program dapat bejalan dengan benar.



procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
      begin
      Edit1.MaxLength := 3
      end;

Syntax yang diatas berfungsi untuk memberikan batasan jika data nilai yang diinput hanya maksimal sebesar 3 yang dimasukkan pada syntax edit1.

procedure TForm2.Label5Click(Sender: TObject);

Syntax yang diatas berfungsi untuk memberikan batasan pada penginputan data variable nilai 3 yang dimasukkan pada syntax edit2.


            Berikut ini adalah semua syntax dari program yang saya buat

·         UNIT 1

unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Button1: TButton;
    Label3: TLabel;
    Button2: TButton;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

uses Unit2;

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
If (Edit1.Text = 'Ilham') And (Edit2.Text = '54413290') Then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
application.MessageBox('Selamat Datang Ilham','Warning');
end
Else If (Edit1.Text = '') And (Edit2.Text = '') Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Dan Password Anda','Warning');
end
Else If Edit1.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Username Anda','Warning');
end
Else If Edit2.Text = '' Then
begin
application.MessageBox('Masukkan Password Anda','Warning');
end
Else
application.MessageBox('Username Dan Password Anda Tidak Valid','Warning');
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then
begin
application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');
application.Terminate;
end

end;
end.

·         UNIT 2

            unit Unit2;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, ExtCtrls;

type
  TForm2 = class(TForm)
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Button1: TButton;
    Edit3: TEdit;
    Label3: TLabel;
    Button2: TButton;
    Edit4: TEdit;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    procedure Button1Click(Sender: TObject);
    procedure Button2Click(Sender: TObject);
    procedure editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
    procedure Edit1Change(Sender: TObject);
    procedure Edit2Change(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form2: TForm2;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
  uts,uas : Integer;
  Jumlah : Real;
begin
  uts := strToInt (Edit1.Text);
  uas := strToInt (Edit2.Text);
  Jumlah := (uts+uas)/2;
  Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
  If Jumlah >=80 Then
  begin
  Edit4.Text := 'A';
  End
  Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
  begin
  Edit4.Text := 'B';
  End
  Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59)  Then
  begin
  Edit4.Text := 'C';
  End
  Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
  begin
  Edit4.Text := 'D';
  End
  Else
  Edit4.Text := 'E'
  end;
  procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;
procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
  Key:= #0;
end;

procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;

procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);
begin
Edit2.MaxLength := 3;
end;


           end.

Output Program 1
Output Programn 2

No comments:

Post a Comment