Perkembangan Bisnis Teknologi
Pada zaman yang serba modern
dan canggih ini sudah tidak diragukan lagi kalau saat
ini teknologi sudah sangat berkembang. Perangkat-perangkat teknologi yang
sebelumnya dibuat hanya untuk membantu pekerjaan manusia sekarang juga menjadi
sebuah lifestyle yang sangat dibutuhkan dan tidak bisa dihindari lagi. Dalam
hal bisnis, tentunya memiliki peluang yang sangat besar karena hampir sebagian
dari kehidupan kita bergantung pada teknologi.
Jika dipertahatikan sudah banyak sekali para technopreneurship yang memulai bisnisnya dari
sebuah startup dan dikembangkan dengan teknologi sehingga memberikan dampak
yang besar terhadap masyarakat. Contohnya yang paling sering kita temui adalah
Gojek. Ojek yang sebelumnya hanya berada di pangkalan, dengan bantuan teknologi
aplikasi para tukang ojek dapat lebih mudah menemukan pelanggan dan dari sisi
pelanggan pun sangat dimudahkan dan diuntungkan.
Saat ini para pelaku bisnis dalam bidang IT sangat memanfaatkan teknologi
internet dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis internet tidak jauh berbeda dengan
bisnis konvensional tidak jauh berbeda, hanya saja yang membedakan adalah model
pemasaran dan sumber produknya.
Banyak sekali pengaruh dari perkembangan teknologi dalam dunia bisnis,
antara lain :
1. Memperoleh produk dan ketersediaan sumber produk menjadi lebih mudah
2. Pemasaran produk menjadi lebih luas
3. Komunikasi lebih cepat
4. Sumber pengambilan keputusan yang cepat
5. Memudahkan operasional.
Waktu sungguh cepat berlalu sekarang kita menginjak tahun
2016, pada bulan oktober ini telah
kita sadari sudah banyak manuver manuver yang dilakukan para
pelaku bisnis di dunia teknologi informasi, berbagai terobosan dan inovasi
bermunculan saling sahut menyahut berusaha untuk menarik minat konsumen maupun
untuk meningkatkan kinerja masing masing. Para pelaku bisnis saling berlomba
dengan menggunakan teknologi informasi sebagai salah satu porosnya.
Gambar 1. Perkembangan Bisnis Teknologi
Gambar 1. Perkembangan Bisnis Teknologi
Pada abad modern ini penggunaan teknologi informasi sudah
tidak dapat dipisahkan lagi keberadaannya dari dunia bisnis industri. TI
(teknologi informasi) bagaikan sudah menjadi pembuluh dalam arus peredaran
dunia bisnis industri. Pemakaiannya merupakan hal yang sangat vital diperlukan
jika para pelaku bisnis ingin tetap bersaing dan bertahan hidup dalam rimba industri.
Perkembangan TI dan SI sekarang ini telah
melahirkan aktivitas bisnis yang menurut penulis menarik, hal itu saya bagi
secara garis besar menjadi 2 aspek :
1. Aplikasi dan Aset
Sebelum saya bahas lebih lanjut, saya akan
berikan beberapa contoh fenomena yang menarik untuk diperhatikan , seperti :
1.)
Uber, perusahaan taksi, tapi tidak memiliki mobil
2.)
Foodpanda, perusahaan makanan, tapi tidak menggunakan dapur
3.)
OLX, situs jual beli, tidak mempunyai barang untuk dijual
4.)
Traveloka, sebuah perusahaan akomodasi, tetapi tidak memiliki hotel
Kesamaan dari contoh
contoh diatas adalah pemberdayaan konsumen melalui aplikasi dalam perangkat
cerdas mereka. Industri apapun skalanya tidak dapat hanya mengandalkan aset
mereka, melainkan harus senantiasa dapat beradaptasi terhadap dunia dan
menciptakan inovasi sembari terus menerus melahirkan kembali jati diri agar
senantiasa menjadi yang terdepan.
2.
Technopreneur
Fenomena perkembangan
bisnis dalam bidang teknologi informasi diawali dari ide-ide kreatif di
beberapa pusat riset yang mampu dikembangkan sehingga memiliki nilai jual di
pasaran. Penggagas ide dan kreator produk dalam bidang teknologi ini sering
disebut dengan nama Technopreneur.
Technopreneur merupakan
penggabungan dari dua kata yaitu teknologi dan entrepeneur. Yang artinya,
technopreneur mengandung makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi
yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Karena
untuk entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang/badan usaha yang
mengelola usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai
keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada dan
teknologi di masa sekarang merupakan salah satu peluang yang tersedia.
Media online TechinAsia
di tahun 2015 pernah menulis artikel mengenai 10 technopreneur dibawah 30 tahun
yang paling berpengaruh di Asia Tenggara, dan 3 orang indonesia berada di
daftar tersebur mereka adalah, Ferry Unardi (co-founder dan CEO Traveloka),
Achmad Zaky (founder dan CEO Bukalapak) dan Jason Lamuda (CEO Berrybenka).
Mereka semua adalah para pengusaha yang sukses dengan industri bisnis baru
berbasis internet.
Macam – Macam Bisnis Informatika
Didalam perkembangan bisnis di dunia it
sendiri terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu sebagai berikut :
1.
Produk
·
Hardware / Perangkat Keras
·
Software / Perangkat Lunak
2.
Jasa
·
Aplikasi
· E-commerce
·
Infrastruktur informasi dan komputer
Software adalah
bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya
menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.
E-commerce adalah internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional.
Infrastruktur adalah bisnis Informatika yang
menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider,
Jaringan Komputer, dll.
Sumber :
Softskill (Pengantar Bisnis Informatika)
Tugas 2.
1.
Bagaimanakah perkembangan bisnis teknologi di dunia?
Nama
: Ilham Wicaksono
NPM
: 54413290
Kelas
: 4IA17
No comments:
Post a Comment